Monday, November 18, 2013

Pentingnya Mencari Second Opinion (Pendapat Kedua)

Ini adalah pengalaman saya waktu kemarin terkena masalah kesehatan.

Yap, mendadak bulan Oktober yang lalu kuping saya budek sebelah. Rasanya seperti berdengung, bergema ketika bicara dan rasanya amit-amit setiap denger suara ribut dan berisik. Seperti kemasukan air, tapi bukan. Bawaanya stres dan marah-marah. Uring-uringan gak jelas.

Beruntungnya punya Mama perawat, ya saya langsung bisa minum obat sesuai gejala. Tapi sampai obatnya habis dan udah 7 hari gak sembuh juga, akhirnya saya putuskan untuk ke dokter THT.

Pelayanan RS Swasta yang Mengecewakan!

Saya pun cuti dari kantor dan pergi ke Rumah Sakit berinisial BK di Bekasi. Tapi ternyata pilihan rumah sakit itu adalah keputusan yang salah.

Saya datang ke RS itu, mendaftar dan menunggu di depan Poli THT. Setelah lama menunggu akhirnya bisa juga ketemu sang Dokter (namanya gak usah di-publish ya..) Sang Dokter pria berkacamata yang doyan cengar-cengir itu mendengar keluhan saya dengan cepat sekali, kira-kira cuma 3 menit. Terus dia memeriksa telinga dan hidung gue dengan super kilat, cuma dilihat selewatan, kemudian memutuskan bahwa sumber punyakitnya adalah di hidung. Dengan yakin dia bilang bahwa saya sering pilek dan alergi debu hingga menyebabkan masalah ini. Padahal saya tidak pernah merasa demikian. Kemudian ia menyuruh saya melakukan rontgen.

Saya pun menunggu di depan ruang Rontgen, di depan pintunya ada tulisan "BILA LAMPU MENYALA ARTINYA ADA PASIEN". Dan benar saja, lampu bulat besar di atas pintu menyala merah. Saya menunggu lamaaaaa sekali. Padahal saya pernah di rontgen dan tidak sampai selama itu. Saya pun mulai resah sampai ada suster yang lewat, dan akhirnya saya tanyakan prosedur rontgen itu bagaimana. Dia cuma menjawab, "Tunggu aja Mbak, kalau lampunya nyala berari ada pasien, gak usah diketuk sabar aja." Oke. Akhirnya saya menyabarkan diri untuk menunggu. 

1 JAM KEMUDIAN....
Ada seorang Ibu dan anaknya yang berseragam SMU, tergesa-gesa dan langsung mengetuk pintu ruang Rontgen tersebut. Saya terkejut melihat tiba-tiba pintu itu langsung terbuka, dan Petugasnya terlihat santai melihat ke arah lampu yang menyala merah, dengan santai juga ia mematikan lampu itu dari dalam. Rupanya dari tadi TIDAK ADA PASIEN di dalam ruangan itu. Akhirnya si Ibu dan Anaknya bisa dilayani terlebih dahulu, padahal saya sudah menunggu 1 jam lebih. 

Saya semakin heran melihat Petugas itu yang sama sekali tidak terlihat seperti petugas kesehatan, lebih terlihat seperti Mbak-Mbak di ITC yang teriak "Boleh kakak... bajunya.. dilihat-lihat dulu.."

Ternyata sedari tadi mereka hanya ngobrol di dalam, entah sengaja menyalakan lampu supaya tidak ada pasien yang mengganggu, atau bagaimana. Entah, saya sudah terlalu kesal untuk menebak.

Singkat cerita setelah membayar mahal saya di rontgen juga dengan 2 Mbak-Mbak itu. Peralatannya juga meragukan sekali. Hasil Rontgennya juga baru keluar 2 hari kemudian.

Saya ingat betul, hari itu tanggal 14 Oktober 2013 saya kembali ke Sang Dokter THT dengan membawa hasil rontgen. Sang Dokter juga datang TERLAMBAT. Sehingga saya harus menunggu 1 setengah jam untuk bertemu dengan dia. Ketika akhirnya bisa bertemu, dengan secepat kilat dia membacakan hasil rontgen saya, berkata bahwa ada penebalan di hidung saya yang harus di-OPERASI. Dia bilang kalau saya tidak cepat dioperasi akan ada gangguan pendengaran yang semakin fatal. 

Saya diberitahu oleh bagian informasi RS itu bahwa biaya operasi bisa mencapat 8 juta Rupiah, belum termasuk biaya-biaya perawatan lain. Bayangkan bagaimana perasaan saya ketika itu.

Esok harinya, adalah hari raya Idul Adha 1434 H. Belum pernah saya sholat Ied dengan perasaan sesedih itu, memikirkan kengerian dioperasi dari lubang hidung dan juga memikirkan biaya operasi yang bagi saya tidak kecil.

Untungnya semua kerabat saya menyarankan untuk mencari SECOND OPINION dari Dokter lainnya. Meskipun dengan harapan yang kecil, saya tidak mau hanya pasrah dengan Dokter Kilat itu.

And The Second Opinion is...

Tanpa menunggu lama, esok harinya saya langsung ke Dokter lainnya di RSUD Bekasi. Hari itu adalah hari kesepuluh saya menderita gangguan telinga. Saya mendapatkan pelayanan yang lebih baik dari RS sebelumnya. Saya pun menemui Dokter THT disana, namanya dr. Satria. Dia memberikan pemeriksaan yang jauh lebih baik. Ia memeriksa telinga dan hidung saya dengan lebih seksama. Menanyakan hal-hal yang terkait dengan gejala penyakit dan bagaimana gaya hidup saya. Kali itu saya baru merasakan bahwa inilah yang namanya Konsultasi.

Dr. Satria akhirnya mengerti bagaimana kondisi saya, kemudian memeriksa hasil rontgen saya. Dia setuju bahwa memang ada penebalan yang akan menjadi bakal Polip, dan penebalan ini menggangu  sirkulasi udara di rongga THT. Tapi ia bilang, untuk kasus saya ini TIDAK PERLU DIOPERASI. Dia memberikan saya resep obat semprot hidung, dan menyarankan untuk olah raga teratur dan mengkompres belakang telinga dan leher dengan air hangat. Saya merasa sangat bersyukur dan tertolong.

Akhirnya setelah mengikuti saran dr. Satria, tiga hari kemudian saya SEMBUH. Sesekali ketika gangguan telinga datang, saya memang harus menggunakan obat itu lagi sebelum tidur, karena memang ini pengobatan jangka panjang.

Hikmah dari cerita ini, adalah...

Jangan langsung percaya kepada Dokter, apalagi dokter yang baru sekali memeriksa Anda dan menyuruh anda diberikan tindakan seperti operasi dan semacamnya. Saya tidak pernah menyangka sebelumnya bahwa RSUD bisa lebih baik dari pada RS Swasta. Tapi sekali lagi ini kembali kepada Dokter yang menangani Anda. Ini adalah pelajaran bagi saya, tapi saya harap bisa bermanfaat juga untuk Anda.

Pernah mengalami hal serupa? Yuk Share di kolom comment di bawah...
Terima kasih ya sudah mampir di Blog saya..

Best Regards,


Thursday, August 15, 2013

Happy Eid Mubarok 2013 !

Assalamualaikum, Everyone!

Lama sekali rasanya gue belum sempat menulis lagi di blog ini.
Sebenarnya nggak juga sih, karena gue sering mampir kesini untuk ngutak ngatik layout blog yang mendadak berantakan.. Aduh.. emang gak ada yang abadi di dunia blog gratisan ya. jadi ini dia layout yang baru, semakin narsis dengan foto diri yang diperbanyak. *Ups

Indahnya Ramadhan

Oke Teman, rasanya paling pas kalo H+7 Idul Fitri Tahun ini, kita isi dengan review lagi kepada Ramadhan kemarin. Apa sih pengaruhnya buat lo?

Kalo di gue, selama Ramadhan kemarin rasanya ibadah belum maksimal. Belum mampu khatam Al-Quran, Tarawih masih suka bolong, dan belum mampu sucikan hati semaksimal mungkin. Masih ada deh tuh, lagi puasa ngomongin orang, marah-marah sama artis-artis yang seneng banget nongol di TV bawa sensasi. Mulai dari Julia Perz sampe ke Nikita Mirzani. Astaghfirullah. 

Makanya puasa kemarin walaupun cuma bolong dua hari, tetap aja gue merasa belum sempurna. Tobat.. yang ada cuma bisa tobat bersujud sama Allah minta ampun.

Pas udah deket Lebaran, yang ada gue panik karena belum maksimal, ketakutan ga bisa ketemu Ramadhan tahun depan, ngeri ngebayangin kalo bulan yang penuh dengan berkah ini udah mau abis dan gue belum memanfaatkannya dengan maksimal.

Tapi diluar semua kewajiban untk mempererat hubungan kita sama Allah, Ramadhan juga membawa berkah kepada hubungan kita antar manusia. 

Ya gimana nggak, di Recent Updates BBM, Facebook, Twitter, semua orang sibuk nyari waktu yang tepat untuk Buka Bersama alias BUKBER. Termasuk gue. Iya lohh... BBM ga berenti2 ngajakin bukber... hahaha

Serunya lagi, masing-masing orang yang saya temui mengaku hadir di acara BukBer dengan teman SD, SMP, SMA, Kampus, Kantor Lama, Kantor Baru.. ya ampun.. semua komunitas juga punya acara Bukber. Gue rasa Geng Motor juga pasti bikin Bukber. *ups

Menurut gue, Bukber ini bagus banget ya, karena menyambung kembali silaturahim yang sempat terpisah jarak, tempat dan waktu. Apalagi di Jakarta, kantor bersebelahan gedung aja susah ketemu karena kesibukan yang menghalangi. Sungguh terlalu.

Kebetulan dari sekian banyak Bukber yang gue sempet hadiri (alah sok banget sih) hehe.. ini dia beberapa foto bukber di ramadhan tahun ini:

Bukber bareng temen-temen kampus dulu:



















Ini adalah aksi nekat sih sebenernya, soalnya orang bilang buka bareng di mall itu ya sama aja merepotkan diri sendiri. Pasti penuh di semua resto! Tapi saya punya strategi sendiri dengan teman-teman, waktu itu kita ngumpul di Masjid Blok M Square, sholat Magrib berjamaah dan langsung meluncur ke Restoran, jadi suasana juga udah gak penuh lagi.. hehe..

Foto dibawah ini, diambil waktu saya dan temen-temen satu gank pas SMP dulu, buka bareng di rumah salah satu temen.. Hihiii.. waktu itu yang ada ngobrol ga ada habisnya, akhirnya kita baru bubar jam 10 malem dari rumah temenku itu. Hehehe.. kan ada yang bilang, cewek kalo udah ngobrol, berdua aja bisa berjam-jam, apalagi berlima???




Kalo yang ini, waktu buka bareng sama temen-temen sekantor, ketawa ketiwi sampe habisin dua gelas es teh manis. hahaha




Kerasa banget kebersamaannya, ketika momen buka bersama. Semua orang yang ngalamin Buka Bareng, pasti tau gimana puasnya. Yah asal jangan lupa sholat magrib karena keasikan ngobrol ya.. hehee..


Idul Fitri 1434 H

Ini dia hari yang ditunggu-tunggu semua umat muslim di seluruh dunia!


Yap Yap.. Hari dimana kita berkumpul di Masjid untuk sholat Ied, terus salam-salaman, maaf-maafan daaaan... makan ketupat!! Plus Opor Ayam, Rendang, Sambal Goreng Kentang, Timlo.. uhh banyak banget deh.. hehheee...

Udah ah gak mau lama-lama ngomongin soal makanan, merusak diet ... hahaha.. mending liat outfit gue di hari H Lebaran, buat solat ied:


Pashmina instan warna pink tua ini adalah kado ulang tahun dari sahabatku, Elly. Selain itu dia juga kasih hoodie warna putih yang sampai sekarang gue gak tau gimana cara pakenya. katanya sih itu hoodie kaya model yang dipake April Jasmine, tapi bentuknya lebih mirip sarung bantal yang bolong dikedua sisi. Ya Ampun.. maaf ya kalo gue kudet. Kalo ada yang tau gimana cara pake hoodie model begini, boleh dong share linknya ke gue.. biar hoodie itu gak ngejogrog aja di lemari gue. hahaha... (ngejogrog itu bahasa apa ya.. yaudahlah yang penting lo ngerti kan maksud gue. hahaha)







Ini dia tampilan full body-nya, gue pake gamis bahan denim hasil buruan di Tanah Abang sebelum ditertibkan. Yoii.. gamis ini nyarinya penuh perjuangan. Gak bakal gue sia-siain! hahaha...


Oke deh, Lebaran gue diisi dengan suka cita dengan silaturahim ke rumah kerabat dan sodara-sodara yang (untungnya) masih seputar Jabodetabek. Jadi bebas dari kemacetan arus mudik! Yaay...




Anyway, sekali lagi, gue ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 H buat kamu semua ya..
Terima kasih udah mau repot-repot baca blog gue yang random ini.. hehehe
Mohon maaf kalo ada salah kata yaa...





Minal Aidin wal Faidzin, Taqaballahu Minna Wa Minkum!

Wassalam,

Thursday, June 20, 2013

Mosky the Most ^^

Dear all, 

Glad to see you again here in my blog.. I have a lot of thoughts I wanna share, but when I'm about to write them down here, suddenly I forgot everything. *sigh

So I'll tell you about my dear Mosky, my little cat. Here he is..


Isn't he adorable? Excuse me for the low picture resolution, my phone is lame indoor. :p

Name & Gender Confusion

I got him from Rickie, my lovable boyfriend. We were unsure about his name at first, his past owner said that he is female. (O_o) It's really awkward for the first two month because everyone thought he is female....Until one day I found "THAT LITTLE THING" in his body, which were hidden all this time by his furs. And I realize now that Mosky is definitely a MALE. So sorry, dear Mosky :*

Luckily I named him, Mosky which is unisex. Mosky, doesn't have a specific meanings. It's just my Dad always have a prank, he always says "Mosky Mos" rather than "Mickey Mouse". And we are always thinks it's hilarious. Please excuse our sense of humor ^^

http://www.hdwallpapers3d.com/mickey-mouse-wallpapers/







My Life has Changed

Since I have Mosky, my life has changed a LOT. Really. 
I should take care of him almost for my whole spare time at home.
His cage, his poop, his litter box, his fur, his food. Everything about Mosky.

First two weeks was a disaster for me, I cry a lot. Cry because I'm tired.

But after time passed by, I began to enjoy my daily.

Mosky is very friendly and pampered. He can identify my voice, and always gives me a warm welcome when I came home.

Having Mosky is like having a child. Really.

Thanks for Rickie who gave me this blessed gift. Love you, Hunny.

I love Mosky so much..!!



Maybe that's all I can say for now, if there's more to tell, you know where you can find me.

Kindly leave a comments so I can read your thoughts! ^^b

Please follow my twitter @sallyayumi for instant updates from me!

Best,

Sally Ayumi















Saturday, February 2, 2013

Perempuan, Ruang Publik dan Islam



Perempuan, Ruang Publik dan Islam

Ini adalah judul program yang lagi saya dan tim kerjakan di kantor. Tujuannya adalah untuk  meningkatkan partisipasi perempuan di ruang publik melalui penyelenggaraan seminar dan talkshow di 12 kota pilihan di seluruh nusantara. Hal ini dilakukan untuk melihat kondisi saat ini dan kendala apa yang berkaitan dengan partisipasi perempuan dan ruang publik. Karena tidak selamanya perempuan nyaman berada di ruang publik.


Seminar & Talkshow Perempuan dan Ruang Publik di STIE Indonesia Kayu Tangi, Banjarmasin


Ruang publik disini adalah semua tempat dimana manusia saling berinteraksi, berkarya, bertukar pikiran, bekerja dan aktivitas lainnya. Supaya dipersempit, partisipasi perempuan di  ruang publik maksudnya perempuan yang mau bekerja di luar rumah, berinteraksi langsung dengan masyarakat, memberikan kontribusi dan mengemukakan pendapatnya untuk menjadi solusi terhadap masalah-masalah tertentu. Dalam level tingginya, perempuan yang menduduki jabatan tertentu yang memungkinkannya untuk mengambil keputusan.

Sampai saat ini sudah 6 kota yang berhasil melaksanakannya yaitu Bandung, Makassar, Padang, Banjarmasin, Pontianak dan Medan. Saya sangat bangga dapat menjadi bagian dari kegiatan ini. Kondisi yang saya tangkap dalam pelaksanaan di 6 kota ini adalah masih banyak diskriminasi yang dialami oleh perempuan ketika bekerja di kantor.

Perempuan butuh kesetaraan dalam kesempatan kerja, berkarya dan berpendapat. Namun yang terjadi adalah masih banyak yang menganggap perempuan hanyalah mampu bekerja di dapur, tidak perlu di dengarkan, perempuan hanya makhluk lemah yang tidak bisa apa-apa dan bahkan segelintir orang masih melihat perempuan sebagai objek seks. Hal ini diperkuat dengan meningkatnya kasus perkosaan yang terjadi di tanah air. Miris.
pic :  http://2.bp.blogspot.com

Mengapa hal ini sampai terjadi? Itulah sebabnya kami mengangkat unsur "islam" dalam project ini. Islam sangatlah menghormati perempuan dan tidak pernah melarang perempuan untuk bekerja di ruang publik. Justru budaya/adat dari daerah tertentu yang sudah dianut oleh masyarakat selama turun temurunlah yang menjadi kendala bagi perempuan untuk berkarya di ruang publik. 



Sebagai contoh, di kampung-kampung tertentu banyak gadis remaja yang lulus SMA langsung dinikahkan oleh orang tuanya. Setelah menikah hidupnya akan dihabiskan dalam melayani suami dan menjadi ibu rumah tangga.
http://wallpaperswa.com
Memang tidak ada yang salah dengan itu. Namun alangkah baiknya jika perjalanan pendidikannya tidak berhenti sampai disitu. Saya rasa semua orang setuju bahwa pendidikan mampu menjadikan kita pribadi yang lebih baik dalam bersikap dan pengambilan keputusan. Apalagi pendidikan untuk perempuan. Perempuan yang sudah memiliki kodrat sebagai ibu dan menjadi sekolah pertama bagi generasi penerus bangsa nantinya.

Terdengar muluk, tapi ini fakta. Kejadiannya adalah Ibu yang terdidik memiliki pilihan yang lebih cerdas dalam merawat dan membesarkan anak-anaknya dibandingkan dengan Ibu yang kurang terdidik. Yang satu mengajarkan anaknya sikat gigi sebelum tidur, sementara yang lain membiarkan anaknya tidur di lantai dingin setengah telanjang.

Kesetaraan Gender dan Pandangan Sebagian Pria

Sebagian pria merasa, perempuan itu plin plan. Katanya perempuan koar koar menginginkan kesetaraan gender, tapi tetap minta para lelaki memberikan tempat duduk di bus kota. Katanya, kalau mau adil ya perempuan harus mau berdiri karena sama-sama bayar ongkos.  Belum lagi perempuan minta dibuatkan gerbong khusus di KRL atau di bus Trans Jakarta. Ehm, saya hanya tersenyum mendengarnya.

www.prochoiceproject.com
Menurut saya hal ini perlu diluruskan karena sudah terlalu berkembang di kalangan pria yang menyebabkan mereka semakin acuh pada perempuan di sekitarnya.

Kesetaraan gender dan contoh kasus tempat duduk di bus kota adalah 2 kasus yang sama sekali berbeda.

Kesetaraan gender yang diinginkan perempuan, adalah jangan sampai ada lagi diskriminasi dalam kesempatan kerja bagi perempuan. Contoh kasus; Perempuan berjilbab dilarang bekerja di hotel bintang lima, perempuan tidak diterima kerja di perusahaan minyak, perempuan tidak pantas jadi mekanik atau pilot. Masih banyak masalah yang timbul karena urusan budaya itu tadi. Kalimat-kalimat seperti "Ah, Pilot kan biasanya laki-laki. Kalau perempuan pantasnya jadi Pramugari." masih banyak digunakan masyarakat untuk alasan. Akhirnya banyak mimpi anak-perempuan yang "terbatas".

Selain itu, perempuan menginginkan kesetaraan dalam mengemukakan pendapatnya atau bahkan kepercayaan dalam pengambilan keputusan. Jadi kesetaraan ini maksudnya adalah para perempuan tidak ingin lagi dipandang sebelah mata.

Sedangkan kasus tempat duduk di Bus kota, itu soal etika dan moral. Secara fisik, jelas laki-laki lebih kuat dari pada perempuan. 

http://watatitainenglish.files.wordpress.com

Apakah jantan bila seorang laki-laki tertidur pulas dengan mulut mengaga lebar, sementara ada seorang gadis di sebelahnya berdiri menahan sakit yang terasa di pergelangan kaki karena sudah 1 jam berdiri di dalam bus yang terjebak kemacetan ibu kota?

Tidak ada peraturan yang mewajibkan lelaki memberikan tempat duduknya kepada perempuan. Tidak ada juga perempuan yang merengek minta diberikan tempat duduk (kecuali sakit). Namun hal ini tergantung dari kepekaan hati para pria itu sendiri. Bertanyalah pada diri sendiri, apakah saya jantan?

www.trust.org 
Seorang lelaki sejati, yang saya sebut Gentleman, adalah pria yang mampu menjunjung tinggi kehormatan perempuan yang notabene memang sudah terkodrat menjadi Ibu. Dia bahkan akan membukakan pintu untuk perempuannya. Saya dengar, di Eropa para bangsawan akan bangkit dari duduknya jika ada perempuan yang baru datang dan hendak duduk di meja yang sama.

Jadi buat para lelaki, hormatilah perempuan sebagaimana mestinya. Sesungguhnya kesuksesan laki-laki tidak bisa lepas dari perempuan yang mendukungnya. Perempuan adalah ibu nan lemah lembut, lewat rahimnya-lah Tuhan menciptakan manusia untuk dapat hadir ke dunia.




saratogaindecline.blogspot.com

STOP! Kekerasan terhadap perempuan.

Hit me on @sallyayumi





  

Saturday, January 5, 2013

Jakarta Night Festival, New Year Eve 2013

Happy New Year 2013!!

Happy New Year

Oh my God, it has been a week late I made this post. because I'm so busy with the Woman Participation's roadshow. Well, I still hope you guys won't mind reading it tough.

This new year of 2013 is the first eve I spent outside my home. I mean, totally different.
Yes, this year Mr. Super Cool Jokowi gave us new year presents with Jakarta Car Free Night.
When there's no car in the main street on a New Year's Eve, it's time for celebrations!!

Yaaay... Me and my friends including my dearest boyfriend is have such an unforgetable moments.

Here I show you some pics of us:



Picture above is from www.times.co.uk
Look how many people were there!!

I really love the fireworks show, but I don't like the smoke! For a moment the sky is just white because of the smoke and fog. Really scary.
It was raining a little but everyone still enjoyed the night!
The music, the fireworks and the crowd really made a loudest noise until we can't recognize the countdown! :(
 

I can't help borrowing this headband from my friend :)


 

 I still don't like men wearing uniforms. But at that time they just seem like a nice background to pose. Oops, hahaa, so sorry officer!
   
 
                                                                 So crowded!



     This is me with Mari, my besties. I stayed in her place after the celebration. That glowing headband is hers too. Oh really. Thanks for all, Mari chan :p

Well, I hope you guys had a great time too.
Welcome 2013, let's make a new goals!

Hit me on @sallyayumi



Tips Perawatan Kulit Wajah Berminyak ala Sally Ayumi ^_^

Hey hoo... Ladies di seluruh nusantara...

Kali ini aku mau bagi-bagi ritual perawatan wajah berminyak yang recommended dan ampuh banget buatku.

Untuk dicatat, ini semua pengalaman pribadiku dan ditulis berdasarkan opiniku aja ya.

Aku tidak menerima imbalan apapun dari produsen/perusahaan kosmetik apapun yang kusebutkan disini.

Semua produk yang aku sebutkan disini adalah produk yang memang sudah pernah aku coba sendiri.

Setiap orang punya jenis kulit yang berbeda-beda. Semua yang cocok buatku belum tentu cocok buat kamu juga.

Tips ini tidak punya tujuan lain selain berbagi. Jadi buat kamu yang mau coba, segala resikonya ditanggung masing-masing. Oke? Yuk kita mulai!

Ladies, sebagai awal mula, kulit wajahku termasuk yang berminyak parah di T-zone area. Gampang banget ada komedo, jerawatan dan susah sembuhnya. Kebanyakan gede-gede merah kaya bisul. Apalagi kalo udah lagi menstruasi. Jangan ditanya.

Karena kelebihan minyak, aku juga jadi bergantung sama bedak dan kosmetik lain supaya bisa "mengurangi" dan menutupi wajah yang tampak kusam. 

Tapi efek sampingnya, jerawatku jadi gak sembuh-sembuh karena tiap hari ditemplokin kosmetik terus-terusan. Apalagi karena gak sabaran dan pengen yang serba instan, aku sempet terjebak dengan produk abal-abal yang banyak berkeliaran di internet. Hasilnya wajahku jadi semakin parah!

Apa kamu punya dilema yang sama? Kalau kamu mampir di blog ini, aku rasa kita bener-bener punya masalah yang sama. Oke. Yuk lanjut bacanya.

Hikmahnya, memiliki keadaan kulit yang kaya gini membuatku lebih concern terhadap perawatan kulit. Rasanya dari jaman ABG sampe sekarang, aku gak pernah berhenti hunting perawatan kulit yang benar-benar ok. 

Disini aku mau memberanikan diri nunjukkin ke kamu semua foto2 perkembangan kulit wajah aku selama tahun 2012. Selama berbulan-bulan, setiap hari, nggak pernah berhenti merawat kulit wajah. Ini adalah hasil fotoku dari bulan Mei - Desember 2012. 

Sumpah nggak pake edit apa-apa, ini semua ASLI. Photoshop hanya digunakan untuk menggabungkan foto dan menambahkan tulisan dan tanggal saja.



Kamu bisa lihat kan bagaimana perkembangan positifnya di kulit aku? Saat ini kulit wajahku belum benar-benar bersih dan kinclong, tapi aku sudah sangat bersyukur bisa sampai ke tahap ini. Untuk itulah aku pengen banget berbagi, kali aja kamu punya masalah yang serupa.

Ini dia ritualku setiap hari:

1. Setiap bangun pagi, pasti wajahku yang oily ini akan terlihat seperti "kilang minyak" di T-zone area. Rasanya kalo bisa diperes dan dijual, kita bisa jadi Raja Minyak juga. Hahaa... Nah lebih baik langsung aja deh cuci muka dengan facial wash kesayangan. Kamu juga bisa pilih yang khusus untuk kulit berminyak atau mengandung anti jerawat. Aku rekomendasikan Clean & Clear Daily Pore Cleanser atau Sariayu Anti Acne Cleansing Foam. Kedua facial wash ini paling adem dan "kalem" sama kulitku.

2. Setelah cuci muka, ritual yang wajib adalah meringkas pori-pori. Usapkan toner dengan kapas. Toner ini walau kelihatan sepele, tapi penting loh untuk memaksimalkan skin care kita. Kalau aku cocok banget pake Viva Face Tonic Green Tea. Selain harganya murah meriah, ekstrak green tea nya bermanfaat banget buat kulit kita yang acne prone. Kalo mau lebih sensasional, boleh simpen toner ini di kulkas, jadi pas dipake ke kulit kita, rasanya lebih dingin semriwing gitu deh. hehee


3. Setelah itu boleh deh pake make up. Aku sih masih menjunjung tinggi nilai kepraktisan, jadinya bersyukurlah sekarang sudah ada BBcream. Biasanya aku cuma olesin Caring Colour Everlast BBcream. Tunggu sampai bener-bener meresap dan warna kulit terlihat rata. Lanjut deh sama bedak tabur, pensil alis, lipstik dan kawan-kawannya. Untuk make up, hampir semua kosmetik aku dari Oriflame.

4. Beberapa jam kemudian atau di siang harinya biasanya muka udah mulai minyakan lagi.  Apalagi di kantor kita nggak bisa cuci muka dan mengaplikasikan ritual kecantikan kita sedemikian rupa seperti di rumah. Tapi nggak usah khawatir, aku biasa usap pake kertas minyak yang menyerap minyak seketika tapi nggak menghapus make up kita. Aku biasa pake Ovale Face Paper. Selain itu bagi yang muslim, pastinya kalau habis wudhu, minyak akan ikutan kabur. Kesempatan buat kita touch up sedikit dengan bedak.

5. Selesai beraktivitas, sebelum mandi, waktunya ritual yang paling penting. Jangan pernah males membersihkan make up. Karena pada malam hari, make up tidak lain dan tidak bukan adalah racun bagi kulit kita. Membersihkannya juga nggak boleh asal. Wajib pake cleanser yang diaplikasikan dengan kapas. Karena ini efektif mengangkat semua kotoran dan make up yang nempel di kulit. Sesuai dengan tonernya, aku juga pake pasangannya yaitu Viva Milk Cleanser Green Tea.

6. Lanjutkan perawatan wajah dengan mencuci muka dengan facial wash lagi. Kok masih perlu cuci muka lagi? Yaiyalah, yang ini untuk memaksimalkan dan membersihkan sisa-sisa kotoran yang belum terangkat oleh cleanser. Biar praktis, sekalian mandi aja. Wajah bersih, badan bersih.

7. Habis mandi, biasanya wajah kamu akan terasa nyaman dan bersih. Eits, belum selesai. Sekali lagi aplikasikan toner untuk meringkas pori dan menyegarkan wajah. Ambil toner dari kulkas dan usapkan dengan kapas. Gimana? Seger kan?

8. Pastikan toner sudah meresap dengan baik, sebelum kamu memberi "makan" malam buat kulit wajah. Yap, aplikasikan krim malam kesayanganmu. Jangan salah, kulit berminyak juga tetap memerlukan nutrisi dan vitamin. Kalau aku, masih setia pakai Sariayu Krem Malam White.


Yap, begitu aja ritualnya berulang terus setiap hari. Untuk weekend dan hari libur dimana kamu nggak ada kegiatan di luar rumah, sempetin untuk maskeran juga ya. Tentu saja maskernya juga harus cocok dengan kulit wajah. Buat kulit dengan jerawat yang lagi meradang biasanya hindari masker bengkoang atau masker whitening sejenis.

Kulit yang berminyak ini seperti sudah "dari sananya" begitu. Hampir nggak bisa berubah. Nah, pinter-pinternya kita aja gimana cara merawat kulit yang baik dan benar. Intinya kalau mau wajah bebas dari jerawat, aku percaya nggak ada solusi yang instan. Semuanya harus perawatan. Rajin, niat, tertib.

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk menghindari jerawat:
  • Jangan terlalu banyak makan gorengan atau makanan berlemak
  • Minum air putih dan tidur yang cukup
  • Jangan sekali-kali coba kosmetik/produk skin care yang tidak jelas asal usulnya. Pastikan ada nomor BPOM, ada ingredients, ada nama dan alamat produsen, dijual di toko/supermarket yang terpercaya. Wajah kita cuma satu, kalau ada apa-apa gimana ngumpetinnya?
  • Produk yang baik adalah produk yang nggak bikin muka terlalu kering, ketarik, gatal ataupun perih.
  • Jangan suka pegang2 dan sentuh wajah. Karena meskipun kelihatannya bersih, sebenernya tangan kita itu sumber bakterii...!!!
  • Jangan malas cuci muka dan bersihin make up sebelum tidur! Karena saat tidur itulah para bakteri menjelma jadi jerawat di kulit kita. Hiiy...

Dan, kalau ada yang penasaran kenapa aku lebih cenderung pake produk skin care lokal, alasannya ya karena memang itu yang cocok buatku. Nggak perlu mahal, nggak perlu harus barang import, asal berkhasiat dan cocok, kenapa nggak? Cinta Indonesia!

Oke, aku rasa segitu aja tips dari aku. Mau tau lebih lanjut soal ritual aku, boleh komen atau mention ke @sallyayumi untuk respon yang lebih cepat.






Semoga bermanfaat yaa.. 

Hug & Kisses,

@sallyayumi
© Sally Ayumi
Maira Gall